Kamis, 03 Juli 2014

Introducing JONGLA Instant Messenger di Android


Saat ini para pengguna smartphone paling tidak memiliki satu buah aplikasi “Instant Messaging”. Baik itu, KakaoTalk, Telegram, BBM, WhatsApp dan lain-lain. Dengan adanya aplikasi tersebut, mempermudah kita dalam berkomunikasi ke teman-teman kita. Karna kita hanya membutuhkan akses internet untuk menggunakannya.

Selain aplikasi tersebut, Seorang Abang Jaka punya aplikasi “Instan Messaging” yang mempunyai “User Interface” yang cukup menarik. Nama aplikasinya adalah “Jongla – Instant Messenger”. Dalam artikel ini, Seorang Abang Jaka akan membahas lebih rinci mengenai Jongla.

Jongla, aplikasi berukuran 11MB buatan Jongla Ltd. telah sampai di Versi 2.1.0. Agar bisa menggunakannya, Android kamu harus memiliki Versi diatas 3.0 atau “HoneyComb”.

Pada saat kamu membuka Jongla untuk pertama kali, kamu akan diminta melakukan pendaftaran dengan nomor handphone kamu. Seperti biasa, angka 0 tidak perlu kamu masukkan saat mengetikkan angka. Setelah itu, kamu akan mendapatkan SMS Verifikasi yang berisi 4 buah angka. Kamu hanya perlu memasukkannya secara manual.Setelah itu kamu akan diminta membuat “Username”, username ini digunakan untuk mempermudah pencarian teman. Buatlah username seunik mungkin dan mudah dihapal.

Setelah melakukan prosedur pendataran, kamu akan langsung diarahkan ke menu awal. Dalam menu awal tersebut, terdapat Cover Image, Profil Picture, username dan lain-lain. Desain yang digunakan berupa “Flat Desain” dimana desain ini mempunyai tampilan yang sederhana dengan warna yang tidak terlalu mencolok.Pada bagian Cover Image dan Profil Picture, kamu bisa mengganti gambar tersebut sesuai dengan keinginan kamu.

Terdapat tombol menu yang bisa dimunculkan dengan melakukan “swipe” dari kiri ke kanan. Dalam menu tersebut terdapat Profil, Chats, Friends, Shop, Notices dan App Setiing

Pada bagian Chats, terdapat percakapan kamu dengan teman-teman kamu. Jika kamu ingin membuat chat baru, kamu bisa menekan tombol + yang ada di bagian kanan atas atau bisa juga dengan melakukan “swipe” dari kanan ke kiri.Akan muncul menu baru. dalam menu tersebut, terdapat 3 pilihan. Chat, Group dan Broadcast message.

Ini adalah tampilah pada saat Chat. Terdapat Foto Profil orang yang kita chat dibagian atas. Selain itu, Cover Image juga bisa dilihat saat kita chatiting. Di Jongla juga terdapat stiker-stiker lucu yang bisa kamu munculkan dengan menekan tombol emotion yang ada di pojok kanan atas atau melakukan swipe dari kiri ke kanan. Uniknya, disaat teman kamu menyentuh stikernya, akan muncul suara yang lucu dan unik. Suara yang muncul bervariasi tergantung stikernya.Untuk menu share, dalam Jongla ada banyak sekali yang bisa kamu share. Fitur yang paling menarik adalah YouTube. Fitur ini tidak ada di “Instant Messaging” lainnya.

Sekarang kita ke menu “Friends”. Dalam menu Friend, kamu bisa menambah kan teman kamu lewat tombol + yang ada di pojok kanan atas. Untuk penambahannya, kamu bisa menambahkan lewat username, SMS, email atau bahkan social media.

Didalam Jongla, terdapat sebuah menu “Shop” yang berisi stiker-stiker lucu yang bisa digunakan dalam chat.

Ada juga menu Notices. Didalam Notice sendiri terdapat pemberitahuan-pemberitahuan langsung dari developer.

Dan yang terakhir adalah menu Setting. Ada banyak pengaturan yang bisa kamu pilih disini. Contohnya, kamu bisa melakukan Blokir Kontak.

Kesimpulan dari review Jongla kali ini adalah Jongla memiliki UI yang “Smooth” dan pengoperasiannya pun sangat mudah. Jongla tidak memungut biaya dalam penggunaannya. Banyak fitur menarik yang disajikan Jongla, terutama Fitur share YouTube yang tidak ada di aplikasi sejenis lainnya. Sekian review Jaka kali ini, kamu bisa download software gratis lainnya di JalanTikus!

Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Source : http://jalantikus.com/tips/detail/3108/review-aplikasi-jongla-instant-messenger-di-android

0 komentar:

Posting Komentar